Mengenal Lebih Dekat "Sekolah dan Kuikulum 2013"
Materi kurikulum 2013
Tahap pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013
meliputi:
a. Kegiatan Pendahuluan Dalam kegiatan pendahuluan,
guru:
1) mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2) mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan
dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan
dikembangkan;
3) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari; dan
4) menyampaikan garis besar cakupan materi dan
kegiatan yang akan dilakukan.
5) menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan
b. Kegiatan Inti Kegiatan inti merupakan proses
pembelajaran untuk mencapai kompetensi, yang dilakukan secara interaktif,
inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik
serta psikologis peserta didik. Kegiatan inti menggunakan pendekatan saintifik
yang disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan peserta didik.
Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan
proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba,
menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Dalam setiap kegiatan guru harus
memperhatikan perkembangan sikap peserta didik pada kompetensi dasar dari KI-1
dan KI-2 antara lain mensyukuri karunia Tuhan, jujur, teliti, kerja sama,
toleransi, disiplin, taat aturan, menghargai pendapat orang lain yang tercantum
dalam silabus dan RPP.
c. Kegiatan Penutup Kegiatan penutup terdiri atas:
1) Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan; dan
(c) memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
2) Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik; dan
(c) menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
Daya Dukung Proses pembelajaran memerlukan daya dukung
berupa ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran. Sarana yang meliputi
perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar
lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk
menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. prasarana yang
meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik,
ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja,
ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolahraga,
tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, dan ruang/tempat lain yang
ASPEK PENILAIAN
Pengetahuan
Aspek pengetahuan merupakan aspek yang ada di dalam
materi pembelajaran untuk menmbah wawasan siswa di suatu bidang. Di dalam
struktur kurikulum ini,jenjang SD memiliki pengetahuan sebanyak 20% dan 80%
aspek karakter,jenjang SMP memiliki bobot pengetahuan 40% dan 60% aspek
karakter,dan jenjang SMA memiliki bobot pengetahuan 80% dan 20% aspek karakter.
Pada Kurikulum 2013 memang diintergrasikan dengan pendidikan karakter yang
sebelumnya telah dicanangkan pemerintah sebelum terbentuknya kurikulum ini.
Keterampilan
Aspek keterampilan bertujuan untuk meningkatkan
keterampilan siswa dalam membuat,melaksanakan,dan mengerjakan suatu soal atau
proyek sehingga siswa dapat terlatif sifat ilmiah dan karakter yang merujuk
pada aspek keterampilan. Aspek keterampilan dapat berupa keterampilan
pengerjaan soal,keterampilan pengerjaan dan pelaksanaan proyek,keterampilan
membuat teks,dan keterampilan dalam menjawab soal lisan.
Sikap dan Perilaku
Aspek penilaian sikap dan perilaku merupakan aspek
penilaian dengan menilai sikap dan perilaku peserta didik selama proses
pembelajaran. Aspek penilaian ini dinilai oleh guru dalam jurnal harian,teman
sejawat dalam sebuah lembaran nilai,dan diambil oleh diri masing-masing siswa.
untuk mengenal lebih dekat dengan sekolah dan warga sekolah bisa kalian klik tautan berikut ini :
KLIK MASING MASING TULISAN DIBAWAH INI!
Semua tayangan telah anda lihat, apakah anda sudah mengenal SMPN 1 Blega?
semua jawaban mohon tinggalkan dikolom komentar bagian bawah. OK? Terima Kasih dan selamat anda telah menjadi bagian dari kami dan insya Allah akan menjadi bagian dari pestasi. salam SPENSAGA!
Iya bu trima kasih
ReplyDeleteNama:Roihanul firdausyah
DeleteNo:013
SMP sangat luar biasa guru" bisa membuat siswa siswi mereka bergenerasi dan berprestasi
Nama:keno rizky ramdhani
ReplyDeleteNomer:017
Nama : Sarifa Rodiyah
ReplyDeleteNo peserta : 041
Semoga spensaga semakin berkembang lebih baik, menjadi sekolah yang menginspirasi sekolah lain, tetap maju spensaga
#SALAMSPENSAGA"IAM POSSIBLE"
Terima kasih bu..
ReplyDeleteDesta T.Q
ReplyDeleteNo. Pen . Z - 003
Nyimak aja ... Salam
Spensaga