Ekstra Kurikuler dan OSIS
Lilis Sri Banowati, S.Pd |
Pengertian OSIS, Fungsi OSIS, Tujuan
OSIS, Dan Tugas OSIS
Pengertian
OSIS sebaiknya dipahami dengan baik oleh semua siswa sekolah. OSIS merupakan
kependekan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Organisasi ini berada di
tingkat sekolah dan dibentuk di sekolah menengah yaitu SMP dan SMA. Organisasi
ini menjadi wadah berkumpulnya para siswa untuk mencapai tujuan tertentu.
Sambutan OSIS SPENSAGA bagi Siswa Baru :
Fungsi OSIS
Organisasi
ini terdiri dari susunan kepanitian yang terdiri dari ketua, wakil ketua,
sekretaris, bendahara, kemudian seksi-seksi lainnya. Setiap jabatan di dalam
OSIS memiliki tugas masing-masing. Kepengurusan OSIS memiliki masa kerja yang
terbatas yaitu selama satu tahun dan akan diperbaharui lagi.
OSIS juga
bisa berfungsi sebagai pencegah. Pencegah di sini maksudnya adalah mencegah
munculnya pengaruh negatif pada siswa. Dengan adanya OSIS maka siswa bisa
memiliki kegiatan yang positif yang bisa memaksimalkan kemampuan dan
kreativitas mereka.
Tujuan OSIS
Apa
sebenarnya tujuan OSIS? Mari kita lihat lagi pengertian OSIS, OSIS merupakan
organisasi intra sekolah yang artinya organisasi ini dibentuk di dalam sekolah,
beranggotakan siswa di sekolah, dibina oleh guru di sekolah, dan bekerja demi
kebaikan sekolah.
OSIS
bertujuan memfasilitasi para siswa untuk menyalurkan aspirasinya,
mengekspresikan kreativitasnya, dan berkontribusi untuk hal-hal yang positif.
OSIS memiliki tujuan yang positif bagi seluruh siswa di sekolah yang artinya
akan memberikan pengaruh positif juga bagi sekolah itu sendiri.
Selain itu,
ada lagi tujuan OSIS yang perlu Kamu tahu. OSIS bertujuan memaksimalkan potensi
siswanya sehingga bisa meraih prestasi yang membanggakan diri juga sekolah.
Selain itu, OSIS juga bertujuan untuk melatih keterampilan siswa dalam
bersosialisasi dan berorganisasi.
Tugas OSIS
Lantas tugas
apa sebenarnya yang harus dijalankan oleh OSIS? OSIS bertugas untuk
mengendalikan aktivitas siswanya sehingga lebih terarah dan lebih positif.
Selain itu, semua orang yang terlibat dalam kepengurusan OSIS juga memiliki
tugas masing-masing yang spesifik sesuai dengan jabatan yang dibagikan.
Setiap orang
yang terlibat di dalam kepengurusan OSIS memiliki tugas masing-masing yang
harus dijalankan. Selain semua siswa yang terlibat dalam kepengurusan OSIS, ada
pembina yang bertugas untuk mengawasi jalannya kepengurusan OSIS. Salah satu
guru akan dipilih untuk menjadi pembina dan mengawasi jalannya OSIS.
Itulah tadi
sedikit informasi seputar pengertian OSIS, fungsi OSIS, tujuan OSIS, dan tugas
OSIS. Ada begitu banyak manfaat yang bisa Kamu dapatkan kalau Kamu bergabung
dengan kepengurusan OSIS. Paling tidak, Kamu harus pernah memiliki pengalaman
bergabung dengan OSIS walaupun hanya dalam satu periode.
Dokumentasi Kenangan Kegiatan OSIS SPENSAGA :
Pengertian, Fungsi, Tujuan dan
Jenis-jenis Ekstrakurikuler
Apa itu Ekstrakurikuler?
Kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul adalah kegiatan
tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah
atau di luar sekolah dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan,
keterampilan dan wawasan serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai
dengan minat dan bakat masing-masing.
Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan No. 060/U/1993 dan Nomor 080/U/1993, kegiatan ekstrakurikuler adalah
kegiatan yang diselenggarakan di luar jam pelajaran yang tercantum dalam
susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, dan dirancang
secara khusus agar sesuai dengan faktor minat dan bakat siswa.
Sedangkan menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan, kegiatan
ekstrakurikuler merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan. Kegiatan
ekstrakurikuler yang diikuti dan dilaksanakan oleh siswa baik di sekolah maupun
di luar sekolah, bertujuan agar siswa dapat memperkaya dan memperluas diri.
Berikut beberapa pengertian kegiatan ekstrakurikuler dari beberapa
sumber buku:
ü
Menurut Lutan (1986:72), ekstrakurikuler
merupakan bagian internal dari proses belajar yang menekankan pada pemenuhan
kebutuhan anak didik. Antara kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler
sesungguhnya tidak dapat dipisahkan, bahkan kegiatan ekstrakurikuler
perpanjangan pelengkap atau penguat kegiatan intrakurikuler untuk menyalurkan
bakat atau pendorong perkembangan potensi anak didik mencapai taraf maksimum.
ü
Menurut Suryosubroto (1997:271), ekstrakurikuler
adalah kegiatan belajar yang dilakukan di luar jam pelajaran tatap muka,
dilaksanakan di sekolah atau di luar sekolah untuk memperluas wawasan atau
kemampuan yang telah dipelajari dari berbagai mata pelajaran.
ü
Menurut Usman dan Setyowati (1993:22), ekstrakurikuler
adalah kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran baik dilaksanakan di
sekolah maupun di luar sekolah dengan maksud untuk lebih memperkaya dan
memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan yang telah di miliki siswa dari
berbagai bidang studi.
Fungsi dan Tujuan Ekstrakurikuler
Fungsi kegiatan ekstrakurikuler adalah untuk mengembangkan
kemampuan potensi dan rasa tanggung jawab memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk memperluas pengalaman sosial dalam kesiapan karir peserta didik
melalui pengembangan kapasitas. Menurut Aqip dan Sujak (2011:68), terdapat
empat fungsi kegiatan ekstrakurikuler pada satuan pendidikan, yaitu:
pengembangan, sosial, rekreatif, dan persiapan karir.
Fungsi pengembangan, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler
berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan
minat, pengembangan potensi, dan pemberian kesempatan untuk pembentukan
karakter dan pelatihan kepemimpinan.
Fungsi sosial, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler
berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial, praktik
keterampilan sosial, dan internalisasi nilai moral dan nilai sosial.
Fungsi rekreatif, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler
dilakukan dalam suasana rilek, menggembirakan, dan menyenangkan sehingga
menunjang proses perkembangan peserta didik. Kegiatan ekstrakulikuler harus
dapat menjadikan kehidupan atau atmosfer sekolah lebih menantang dan lebih
menarik bagi peserta didik.
Fungsi persiapan karir, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler
berfungsi untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan
kapasitas.
Menurut Nasrudin (2010:12), kegiatan ekstrakurikuler
memiliki tujuan berikut.
Siswa dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan
keterampilan mengenai hubungan antara berbagai mata pelajaran, menyalurkan
bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya yang: a)
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. b) Berbudi pekerti luhur. c)
Memiliki pengetahuan dan keterampilan. d) Sehat rohani dan jasmani. e)
Berkepribadian yang mantap dan mandiri. f) Memiliki rasa tanggung jawab
kemasyarakatan dan kebangsaan.
Siswa mampu memanfaatkan pendidikan kepribadian serta
mengaitkan pengetahuan yang diperolehnya dalam program kurikulum dengan kebutuhan
dan keadaan lingkungan.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik
Indonesia No. 39 Tahun 2008 tentang pembinaan kesiswaan, kegiatan
ekstrakurikuler memiliki tujuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang
meliputi bakat, minat, dan kreativitas.
2. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan
sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dari
pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan.
3. Mengaktualisasi potensi siswa dalam pencapaian potensi
unggulan sesuai bakat dan minat.
Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang
berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka
mewujudkan masyarakat mandiri (civil society).
Jenis-jenis Kegiatan Ekstrakurikuler
Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81A
Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, berdasarkan pilihannya terdapat dua
jenis kegiatan ekstrakurikuler, yaitu:
Ekstrakurikuler wajib, merupakan program ekstrakurikuler
yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik, terkecuali bagi peserta didik
dengan kondisi tertentu yang tidak memungkinkannya untuk mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler tersebut.
Ekstrakurikuler pilihan, merupakan program pilihan
ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh peserta didik sesuai dengan minat bakat
dan minatnya masing-masing.
Menurut Suryosubroto (1997:272), berdasarkan waktu
pelaksananya kegiatan ekstrakurikuler dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
Ekstrakurikuler rutin, yaitu bentuk kegiatan ekstrakurikuler
yang dilaksanakan secara terus menerus, seperti : latihan bola voli, latihan
sepak bola dan sebagainya.
Ekstrakurikuler periodik, yaitu bentuk kegiatan yang
dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu saja, seperti lintas alam, camping,
pertandingan olah raga dan sebagainya.
Menurut Permendikbud No. 81A Tahun 2013, terdapat beberapa
jenis kegiatan ekstrakurikuler, yaitu:
Krida. Kepramukaan, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, Palang
Merah Remaja (PMR), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dan lainnya.
Karya ilmiah. Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), Kegiatan
Penguasaan Keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian dan sebagainya.
Latihan/olah bakat/prestasi. Pengembangan bakat olahraga,
seni dan budaya, cinta alam, jurnalistik, teater, keagamaan, dan lainnya.
UPTD SMPN 1 Blega memiliki beberpa ekstra kurikuler unggulan :
KLIK DISINI UNTUK MENUJU EKTRAKURIKULER UNGGULAN
EEEIITTTTTTT.....YUK JANGAN LUPA LIHAT DULU :)
Dokumentasi kegiatan ekskul :
PRAMUKA >>>>>>>
KARAT>>>>>>>>>>>
KLIK DISINI UNTUK MENUJU EKTRAKURIKULER UNGGULAN
EEEIITTTTTTT.....YUK JANGAN LUPA LIHAT DULU :)
Dokumentasi kegiatan ekskul :
PRAMUKA >>>>>>>
KARAT>>>>>>>>>>>
VOLLY >>>>>>>>>>
SCIENCE EXPEDITION LEANING>>>>>>
Daftar Pustaka
Suryosubroto, B.1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah.
Jakarta: Rineka Cipta.
Usman, M. Uzar dan Setyowati, Lilis. 1993. Upaya
Optimalisasi kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Posdakarya.
Aqip, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi
Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.
Lutan, Rusli. 1986. Pengelolaan Interaksi belajar mengajar
intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nasrudin, Roni. 2010. Pengaruh Partisipasi Siswa Dalam
Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Motif Berprestasi Siswa SMK N 2 Garut.
Bandung: UPI Bandung.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteSemoga murid mampu untuk menyimak dan mengikuti semua apa yg digambarkan / dijelaskan oleh guru2 pembibing /pengajar .. Insya'Allah.. Salam Spensaga ” Iam possibel "
ReplyDelete@Nayla Safinatin Najah
ReplyDeleteZ011
Kesimpulan:
OSIS merupakan organisasi disekolah yang bertujuan untuk menjadi intra sekolah . OSIS merupakan tanggung jawab yg besar. OSIS dapat melatih diri kita menjadi mandiri ,disiplin ,berkarakter dan tangguh dalam segala hal
#Salam SPENSAGA "Iam Possible"
MOH DWI SATRIYO
ReplyDeleteZ-001
Semangat
NAMA:Nauval Mauridhony Syaifulah
ReplyDeleteno. :052
kita harus mematuhi peraturan yang di beri osis
Nama:Mubarok
ReplyDeleteNO:0-004
Nama.farah alisya mumtaz
ReplyDeleteNo.044
OSIS adalah sebuah tanggung jawab yg besar OSIS membuat kita mengerti apa artinya mandiri . Salam spensaga.IAM POSSIBLE
Nama : Mohammad Sobrun Jamil
ReplyDeleteNo peserta : 078
#Salam SPENSAGA "Iam Possible"
Nama : Reyhan Sujadmiko
ReplyDeleteNo : 084
#SPENSAGA "Iam Possible"
OSIS bisa berfungsi sebagai pencegah.
ReplyDeleteSetiap jabatan di dalam OSIS memiliki tugas masing masing.
Nama : azka rifki robbani
ReplyDeleteNo : Z-070
Dewi Adelia
ReplyDelete03
Salam SPENSAGA
" Iam Possible"
Bulan suci wahyuni
ReplyDeleteP001
Nama : Moh Farhat aldyba akbar
ReplyDeleteNo: z-004
Nama:Kevin raditya pratama ramadhan
ReplyDeleteNo:Z-075
Nama:Ramadana Hidayatullah
ReplyDeleteNo:082
#Salam SPENSAGA "Iam Possible" SEMANGAT.
Nama:Roihanul Firdausyah
ReplyDeleteNo:013
Kegiatan ekstrakulikuler harus dapat menjadikan kehidupan atau atmosfer sekolah lebih menantang dan lebih menarik bagi peserta didik.
#Salam Spensaga "Iam Posibble"
NamaRNama:Hansah Oktaviano
ReplyDeleteNo:085
Nama:Roy Hansah Oktaviano
DeleteNo:085
nama:mohammad shohebun nabil
ReplyDeleteno.006
salam olahraga spensaga
Nama; Muhamad Arifin
ReplyDeleteNo;A-004
Salam SPENSAGA "Iam Possible" SEMANGAT.
Nama:Naura ayu shabira Hermanto
ReplyDeleteNo:Z-022
Kesimpulan:
Osis merupakan organisasi di sekolah yang bertujuan untuk menjadi intra sekolah.osis merupakan tanggung jawab yang besar.osis dapat melatih diri kita menjadi mandiri, disiplin, berkarakter, dan tangguh dalam segala hal
OSIS dan Ekskul Spensaga menjadi wadah bagi siswa siswi untuk mengembangkan bakat dan kemampuan
ReplyDelete-Muhammad Yusron 016-
Nama Rama
ReplyDeleteNo. 065
Osis berfungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreatifitas siswa
Osis juga berfungsi sebagai pencegah siswa, maksudnya mencegah muncul pengaruh negatif pada diri siswa
Nama:Azza nisrina
ReplyDeleteNo:071
#Salam spensaga 'Iam possible, semangat
Hikmatul Laily agustin
ReplyDeleteNo:A 001
Kesimpulan
OSIS Sangat penting bagi anak sekolah karna dapat melatih kita menjadi orang yang mandiri, bertanggung jawab, disiplin dan berkarakter yang tangguh dalam segala hal.dengan adanya OSIS dapat menjadikan siswa sebagai siswa yang berprestasi.
#salam SPENSAGA "Iam possible
Nama: MOCH RIZKI ZULFIADI
ReplyDeleteNo: 077
Nama: MOCH RIZKI ZULFIADI
ReplyDeleteNo: 077
Nama:ZAKI HASBIYALLOH ARROIHAN
ReplyDeleteNO:Z014
Dengan adanya oses dapet meningkatkan rasa kedisiplinan
Dan tanggungkawab yang adapada diri siswa masing masing
Nama:nurul lailatul rohmania
ReplyDeleteNo:Z-018
Nama amrina rosada.nmr 063
ReplyDeleteOsis.oragnisasi berkumpulnya para siswa untuk mencapai tujuan .
Osis.organisasi ini terdiri dr susnan kepanitiaan ketua.wakil ktua.skertaris.bendahara kemudian seksi2lainnga
Nama : Sarifa Rodiyah
ReplyDeleteNo peserta : 041
Dengan adanya ekstra kurikuler dan OSIS siswa siswi bisa memanfaatkan waktu luang dengan hal yang baik
#SALAMSPENSAGA"IAM POSSIBLE"
Nama amrina rosada.nmr 063
ReplyDeleteOsis.oragnisasi berkumpulnya para siswa untuk mencapai tujuan .
Osis.organisasi ini terdiri dr susnan kepanitiaan ketua.wakil ktua.skertaris.bendahara kemudian seksi2lainnga
Nama: Rayhan Naendra Faisal Putra
ReplyDeleteNomer: Z-083
NAMA:Moh tri aditya farel tc
ReplyDeleteO.005
Osis merupakan salahsatu organisasi intra sekolah yang memiliki tujuan bersama dalam mewujudkan suatu tujuannya
Nama: AHMAT AINUL YAQIN
ReplyDeleteNo:2040
OSIS adalah sebuah tanggung jawab yg besar OSIS membuat kita mengerti apa artinya mandiri .
Salam spensaga.
IAM POSSIBLE
Nama : Faizal Muharram
ReplyDeleteNo : 0002
Osis merupakan langkah awal untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab & menumbuhkan jiwa kemimpinan siswa
Nama : Prima Juliansyah.
ReplyDeleteNo : 006.
Dgn OSIS dapat melatih siswa untuk bertanggung jawab dan bekerja sama dg siswa yg lain .sedangkan dg adanya ekskul dapat mengembangkan bakat bg siswa.
Tofa ahmad
ReplyDelete095
Nama: Masyito Robiatul Adawiyah
ReplyDeleteNo:O_007
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteNAMA: FARAHATUL LAILA
ReplyDeleteNO:058
Osis merupakan tangggung jawab yang besar untuk melakukan kegiatan extra kurikuler
#Iam possible"
NAMA: MOH GHIFARIEL AMIN
ReplyDeleteNO.093
Nama : wardatun ula
ReplyDeleteNo :Z-086
Nama:Alifatur rohman
ReplyDeleteNo:024
Nama : wardatun ula
ReplyDeleteNo: Z-086
Nama:ASKA NAJHAN RAMDANI
ReplyDeleteNO:051